25.9 C
Kudus
1 June 2022
spot_img

5 Obat Bisul Alami Cepat Sembuh

Jakarta, Kudusnews.id – Bisul menjadi salah satu gangguan dan penyakit kulit yang sangat menyebalkan. Meski ukurannya tidak besar, namun rasa nyeri yang ditimbulkannya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka berikut disajikan, sederet obat bisul alami cepat sembuh yang bisa digunakan.

Obat bisul alami ini bisa jadi alternatif yang baik jika Anda tidak ingin menggunakan obat dengan resep dokter. Meski demikian, sangat dianjurkan pula mengkonsultasikan pilihan Anda ini dengan dokter, sehingga bisa mendapat solusi terbaik.

Berikut obat bisul alami yang bisa Anda pilih.

1. Minyak Jarak

Baca Juga: Mengalami Nyeri Sendi karena Menopause? 5 Obat Herbal Ini Bisa Membantu

Kandungan utama yang berperan dalam mengobati bisul dalam minyak jarak adalah asam risinoleat. Asam risinoleat sendiri memiliki sifat antiradang dan antibakteri, sehingga bisa membantu mengobati bisul dalam waktu singkat.

Caranya mudah, tinggal oleskan minyak jarak pada bisul sebanyak tiga kali sehari hingga bisul menghilang.

2. Bawang Putih

Senyawa antibakteri dan senyawa antiinflamasi bawang putih dapat menjadi obat ampuh untuk menyembuhkan bisul di berbagai bagian tubuh. Caranya sangat mudah, tinggal haluskan saja beberapa siung bawang putih lalu ambil sari airnya.

Setelah didapatkan, oleskan pada bisul secara teratur hingga bisul sembuh dan mengempis.

3. Gunakan Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya memiliki sifat yang dingin sehingga bisa membantu meredakan nyeri dan berperan sebagai antiseptik. Anda bisa mendapatkan gel lidah buaya dari tanamannya secara langsung, atau membelinya sebagai produk jadi.

Oleskan gel lidah buaya pada permukaan bisul. Lakukan hingga sembuh, biasanya tidak memakan banyak waktu.

4. Bubuk Kunyit

Ternyata bumbu dapur seperti bubuk kunyit juga bisa jadi solusi atas bisul yang dialami. Cara yang bisa dilakukan dengan bahan alami ini ada dua. Pertama, Anda bisa langsung mengoleskannya setelah dicampur air atau jahe, yang kedua Anda bisa mengkonsumsi bubuk kunyit setelah dicampur dengan air atau susu.

5. Minyak Mimba

Bahan alami kelima yang bisa menjadi solusi atas bisul yang dialami adalah minyak mimba. Serupa dengan beberapa minyak lain, penggunaannya tinggal dioleskan saja pada permukaan bisul. Lakukan tiga hingga empat kali sehari, dan rasakan bisul perlahan akan sembuh.

Itu tadi beberapa opsi  obat bisul alami cepat sembuh yang bisa digunakan. Pastikan permukaan kulit yang mengalami bisul sudah dibersihkan terlebih dahulu, sehingga meminimalisir adanya bakteri yang dapat mengurangi efek baik dari bahan alami di atas. (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img