30 C
Kudus
7 July 2022
spot_img

Masyarakat Tidak Perlu Panik Terkait PMK

Karanganyar, Kudusnews.id – Masyarakat Karanganyar diimbau tidak panik menyusul merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Solo Raya.

Kapolres Karanganyar AKBP Danang Kuswoyo melalui Kasi Humas AKP Agung Purwoko melalui sambungan telepon selularnya Senin (16/05/2022) menjelaskan, PMK tidak akan menular kepada manusia dan penyakit tersebut juga dapat disembuhkan.

Baca juga : Antisipasi Penularan PMK, Polres Pantau Ternak Warga

Disisi lain, menurut AKP Agung, sampai saat ini tidak ditemukan PMK yang menyerang hewan ternak, terutama kasapi dan kambing di Karanganyar.

“Kami minta tidak perlu panik. Kami bersama instansi terkait secara rutin melakukan pemantauan terhadap ternak milik warga,”jelasnya.

Dikatakannya dari hasil pendataan yang dilakukan, di wilayah Karanganyar terdapat 74 peternak sapi dengan populasi 173.482 ekor sapi, 7 peternak kambing dengan populasi 268.450 ekor kambing, 16 kelompok ternak serta 5 rumah potong hewan (RPH).

“Berdasarkan instruksi Kapolda Jawa Tengah, kami telah melakukan pemantauan bersama instansi terkait. Jalur lalu lintas hewan juga kami perketat. Dan yang terpenting, peternak harus rajin membersihkan kandang dan melakukan pemeriksaan hewan ternaknya,”tandasnya. (Iwan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img