29.8 C
Kudus
1 June 2022
spot_img

Cara Membuat Teh Lemon Jahe yang Berkhasiat di Rumah

Jakarta, Kudusnews.id – Kekinian, tidak sedikit orang-orang yang kemudian mengonsumsi minuman teh berkhasiat agar tenang, hangat dan bisa tidur nyenyak.

Namun, tidak semua produk teh lemon jahe diolah secara alami. Beberapa di antaranya mengandung tambahan gula yang membuat minuman tersebut kurang berkhasiat untuk tubuh.

Memiliki kandungan vitamin c an ekstrak lemon tinggi, minumman alami ini juga diklaim bisa mengurangi stres dan relaksasi.

Lalu apa dan bagaimana komposisi bahan teh lemon jahe yang tepat? Simak cara membuat teh lemon jahe yang telah dihimpun Hops.id–Jaringan Suara.com berikut di bawah ini yuk!

Baca Juga: Dinnakerind Demak Beri Pelatihan IKM Batik Tehnik Shibori

  • 1/4 sendok teh garam laut
  • 3 buah lemon
  • 30 gram jahe
  • 200 gram madu
  • 800 ml air hangat

Pertama, siapkan lemon dan jahe. Gosok kulit lemon dengan garam untuk menghilangkan kandungan lilin dan bakteri pada kulit lemon, kemudian bilas dengan air mengalir lalu keringkan dan potong iris. Kupas jahe dan iris tipis.

Kedua, siapkan toples kaca masukan lemon, jahe, garam laut dan tuang madu murni sampai menutupi permukaan lemon, aduk hingga tercampur rata. tutup rapat toples kaca lalu simpan di kulkas dan biarkan semalam atau minimal 1-2 hari.

Setelah jadi, sajikan 1-2 sdt teh lemon madu jahe dengan 200 ml air hangat. Kandungan mineral alami madu murni dan garam laut dapat meningkatkan kualitas tidur.

Sea salt atau garam laut berasal dari proses penguapan air laut yang kayak akan mineral dari natrium alami sehingga garam laut lebih sehat dibandingkan garam dapur.

Manfaat garam laut meliputi: meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan kesehatan pencernaan, meredakan stress dan mengatasi keram otot.

Sedikit garam laut dalam berbagai makanan dan minuman memberikan rasa asin gurih dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Sementara, jahe sendiri mengandung oleoresin yang bekerja melawan peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis atau peradangan kronis di sendi akibat kerusakan pada tulang rawan.

Komponen aktif dalam jahe seperti gingerol, gingerdione dan zingeron dapat mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh reaksi alergi. Penyajian jahe dengan air hangat dapat meredakan sakit pada tenggorokan dan mengurangi batuk.

Selain untuk menambah cita rasa segar minuman berkhasiat menghirup aroma lemon sebagai aromaterapi dalam meredakan rasa mual dan meredakan gangguan pencernaan.

Jadi jika kamu sulit tidur di malam hari dan kadang merasa pegal badan saat bangun tidur, minuman berkhasiat ini dengan semua bahan yang dikandungnya memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, di antaranya:

Membantu menurunkan atau meredakan stress, mengatasi kelelahan atau cape serta pegal-pegal pada otot, dan membuat tidur lebih nyenyak. (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img