24.9 C
Kudus
20 May 2022
spot_img

Hotel Santika Pekalongan Kampanyekan Penggunaan Plastik

Pekalongan, Kudusnews.id – Sebagai wujud dukungan kepada pemerintah tentang peminimalisiran penggunaan bahan plastik dan peduli terhadap lingkungan, Hotel Santika Pekalongan mulai mengkampanyekan penggunaan bahan plastik yang mudah di urai untuk kegiatan operational hotel.

Public Relation Hotel Santika Pekalongan, Dahlia, menuturkan, kampanye minimalisir sampah plastik yang susah terurai sebenarnya sudah mulai dari beberapa waktu yang lalu. Seperti penggantian sedotan plastik dengan paper straw, plastic laundry yang sekarang di ganti dengan cassava bag, dan penggunaan plastik untuk membawa makanan take away pun diganti menggunakan bioplastik atau polylactid acid (PLA).

“Salah satu contoh plastic yang kami pakai adalah plastic ramah lingkungan yang terbuat dari sari pati jagung,” ujarnya, Jumat (21/1/2022).

Di Indonesia sendiri, regulasi untuk pengurangan sampah plastik sudah di bentuk, namun kurang keterbukaannya Informasi dan kesadaran masyarakat untuk mulai meminimalisir penggunaaan plastik yang sulit terurai masih kurang.

“Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, maraknya pesan antar makanan pun ikut serta menyumbang penumpukan sampah plastik yang di gunakan untuk bungkus makanan,” paparnya.

Lebih lanjut Dahlia menjelaskan, Indonesia menyumbang sebanyak 600 ribu ton dari jumlah 8 juta sampah plastik secara global. Sampah plastik ini selain sulit dan membutuhkan waktu hingga ratusan tahun agar dapat diurai oleh tanah, juga dapat mengakibatkan pencemaran lautan.

“Sampah plastik yang juga di buang ke laut dan menjadi santapan burung-burung yang ada di laut dan ikan, tak hanya itu sampah platik pun juga menjadi ancaman yang besar akan kerusakan ekosistem di laut,” pungkasnya. (Nizar-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img