24.9 C
Kudus
20 May 2022
spot_img

Luhut Himbau Perusahaan Terapkan WFH

Jakarta, Kudusnews.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menghimbau masyarakat membatasi mobilitas mengingat kasus Covid-19 varian Omicron mengalami peningkatan.

“Tidak ada salahnya kita mulai membatasi dan menahan mobilitas keluar rumah serta aktivitas berkumpul yang tidak perlu. Ini saya ulangi, kalau tidak perlu kumpul-kumpul, tidak usah kita kumpul,” jelas Luhut dalam konferensi pers di Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 16 Januari 2022.

Luhut juga turut mengimbau perusahaan untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH) selama dua minggu ke depan. Pasalnya kasus varian Omicron telah menyentuh angka 1.054 kasus per hari.

“Tapi kami mengimbau kalau di kantor tidak perlu 100 persen, ya tidak perlu 100 persen yang hadir. Jadi diatur saja, lihat situasinya apakah dibikin 75 persen untuk dua minggu ke depan,” jelasnya.

“Kita serahkan pada pimpinan perusahaan untuk melakukan asesmen sendiri. Saya mengimbau opsi tersebut bisa diambil. Hal ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kasus tetap terkendali,” sambungnya.

Selain itu, agar semua masyarakat dapat membatasi diri untuk tak berpergian ke luar negeri. Luhut juga menyebut pejabat pemerintah telah dilarang melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Hanya kalau betul-betul perlu saja pergi ke luar negeri dan pejabat-pejabat pemerintah malah sudah dilarang untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri untuk 3 minggu kedepan ini,” katanya.

Lebih lanjut Luhut menjelaskan, langkah-langkah preventif yang berasal dari kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan merupakan kunci utama menekan laju penyebaran kasus. Menurutnya juga, jika pemerintah siap namun masyarakat tak siap juga akan menjadi masalah.

“Saya mau menyampaikan, kita ayo berdoa semua kita membangun persatuan, kita harus kompak, tak boleh salah menyalahkan. Kalau itu kita lakukan dengan baik saya yakin kita akan bisa atasi Omicron ini, bukan hal yang tak bisa diatasi kalau kita kompak karena semua siap. Jangan kita hanya saling menyalahkan,” pungkasnya. (Nizar-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img