25.2 C
Kudus
21 January 2022
spot_img

11 Event Unggulan Jawa Tengah Tahun 2022

Semarang, Kudusnews.id – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali meluncurkan kalender wisata tahun 2022 yang dapat diunduh secara gratis di sini. Dari 197 event yang terhimpun sampai dengan akhir tahun 2021, ada 11 event unggulan yang diusulkan dalam kalender wisata nasional Kemenparekraf RI. Event-event unggulan tersebut tidak hanya digelar oleh pemerintah daerah, melainkan juga komunitas/ institusi budaya dan lainnya.

Ini dia 11 event unggulan Jawa Tengah tahun 2022 :

SOLO MENARI (29 April 2022) – KOTA SURAKARTA

Pagelaran yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Tari Dunia yang jatuh pada tanggal 29 April. Acara ini menampilkan tari tradisi Jawa yang memiliki keunikan, penuh dengan filosofi, dan adiluhung.

SEMARANG NIGHT CARNIVAL (Mei 2022) – KOTA SEMARANG

Saksikan kemeriahan parade kostum kreasi yang unik dan cank serta dibawakan oleh ratusan peserta dalam Semarang Night Carnival. SNC diselenggarakan pada awal Mei bertepatan dengan Hari Jadi Kota Semarang ke- 475. Acara semakin semarak dengan penampilan seni tradisi khas budaya lokal.

INTERNATIONAL MASK FESTIVAL (17-18 Juni 2022) – KOTA SURAKARTA

Internaotinal Mask Festival (IMF) merupakan acara tahunan berskala internasional yang mengusung konsep pertunjukkan seni topeng dan  pameran kerajinan topeng. Acara ini telah berlangsung sejak tahun 2014.

MORO BOROBUDUR (Juli) – KABUPATEN MAGELANG

Moro Borobudur merupakan Festival Seni Musikal Kontemporer yang diselenggarakan sejak tahun 2020. Moro Borobudur yang berarti ‘Datang ke Borobudur’ mengajak wisatawan untuk menikmati seni dan tradisi yang ada di sekitar Borobudur serta didukung hiburan musik yang memikat. Kehadiran event Moro Borobudur di masa pandemi Covid -19 membuktikan jika pariwisata dan event pertunjukan tetap bergeliat di Borobudur.

SOLO KERONCONG FESTIVAL (16-17 Juli 2022) – KOTA SURAKARTA

Solo Keroncong Festival  dihelat untuk terus menghidupkan eksistensi musik keroncong di Indonesia dengan menampilkan musisi kenamaan.

FESTIVAL ARAK-ARAKAN CHENG HO (27-28 Juli 2022) – KOTA SEMARANG

Festival Arak – Arakan Cheng Ho sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 617 tahun lalu. Acara dimulai dengan kirab membawa patung Dewa dengan berjalan kaki dari Klenteng Tay Kak Sie di Pecinan menuju Klenteng Sam Poo Kong di Gedong Batu. Festival  tahunan ini dimeriahkan pula dengan pertunjukan kesenian tradisional yang menampilkan perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

BACA JUGA:  Menikmati Sensasi Minuman Khas Pegunungan Menoreh

DIENG CULTURE FESTIVAL (26-28 Agustus 2022) – KABUPATEN BANJARNEGARA

Sebuah festival berkelas yang memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Dieng Culture Festival atau Festival Dieng akan menyuguhkan pertunjukan musik Jazz di Atas Awan di tengah suhu yang dingin, ragam kesenian tradisional, dan puncaknya ialah ritual pencukuran rambut gimbal anak gembel Dieng.

BACA JUGA:  Ribuan Telur untuk Nakes dan Relawan di Temanggung

FESTIVAL GEDONGSONGO (September) – KABUPATEN SEMARANG

Kabupaten Semarang Fesval adalah ajang promosi potensi wisata, budaya, kuliner khas, hotel dan homestay serta ekonomi kreatif.  Penampilan kesenian daerah turut memeriahkan acara. Pada puncak acara ialah ‘resik-resik Candi Gedongsongo’ sebagai  ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan pengharapan agar masyarakat Kabupaten Semarang diberikan keselamatan dan kehidupan yang lebih baik.

FESTIVAL PAYUNG INDONESIA (2-4 September 2022)

Festival tahunan yang diselenggarakan sejak tahun 2014 oleh Mataya Arts & Heritage. Festival Payung Indonesia adalah festival rakyat yang melibatkan perajin payung tradisi, beragam komunitas kreatif, pelestari seni tradisi, seniman kontemporer, fotografer, fashion designer, artis, dan lain-lain.

SOLO INTERNATIONAL PERFORMING ARTS (8-10 September 2022) – KOTA SURAKARTA

Solo International Performing Arts atau SIPA adalah gelaran mahakarya seni pertunjukan meliputi seni musik, tari, drama, dll. Gelaran spektakuler ini diikuti oleh para seniman dari dalam maupun luar negeri. SIPA mulai digelar di Benteng Vastenburg pada tahun 2013.

FESTIVAL KOTA LAMA (15-25 September 2022) – KOTA SEMARANG

Obati kerinduanmu di Festival Kota Lama, sebuah event tahunan yang diadakan sejak tahun 2012. Pengunjung bisa menikmati nostalgia Pasar Sentiling dengan pameran kuliner legendaris,pameran klithikan, dan pameran mobil antik. Selain itu, ada Jelajah Kota Lama sembari mengenang memori manis atau sarana edukasi bagi anak-anak untuk mengetahui sejarah Kota Lama. Tidak hanya itu, Festival Kota Lama kali ini akan dimeriahkan oleh pagelaran wayang, gamelan, musik, dengan sederet bintang tamu dan fashion show serta bazaar. (Sumber Disporapar Prov. Jateng)

Related Articles

- Advertisement -spot_img