26.5 C
Kudus
23 February 2024
spot_img

Wanita Paruh Baya Asal Jepara Meninggal di Dalam Sumur

Jepara, Kudusnews.id – Harmulismain (37) Seorang perempuan paruh baya asal Desa Srikandang RT 01/05, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, meninggal dunia setelah tercebur ke dalam sumur pada hari Senin (9/8/2021) pukul 23.00 WIB.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan kronologi tragedi tersebut bermula sekitar pukul 22. 30 WIB ketika korban berpamitan pergi. Setelahnya, keluarga mendengar sebuah suara yang ternyata berasal dari tutup sumur yang dibuka. Ketika diperiksa, ditemukan Harmulismain yang sudah berada di dalam sumur.

“Menurut keterangan keluarga, korban mempunyai riwayat gangguan jiwa. Diduga korban nekat menceburkan diri ke dalam sumur untuk mengakhiri hidupnya,” ungkapnya

Berdasarkan informasi yang diterima, Kepala Kantor SAR Semarang memerintahkan Koordinator pos SAR Jepara Whisnu Yuas untuk melakukan pertolongan disertai alut vertikal rescue dengan memberangkatkan satu tim.

Sebelum melakukan evakuasi dalam sumur, digunakan blower untuk menetralisir udara di dalamnnya.

“Kemudian upaya pertolongan dengan sistem lowering, satu rescuer turun dengan menggunakan tali untuk mengikat tubuh korban, selanjutnya korban ditarik dengan sistem lifting,” jelasnya.

Kendala yang dihadapi dalam proses evakuasi tersebut yaitu sumur dengan kedalaman 30 m itu hanya berdiameter 1 m. Kondisi yang sudah petang saat proses peetolongan juga menjadi satu hambatan.

Setelah melakukan evakuasi selama dua jam, jasad korban berhasil diangkat dengan kondisi sudah tidak bernyawa.

Tim SAR gabungan yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain Pos SAR Jepara , BPBD, Polsek, Koramil , Puskesmas, PMI, Ubaloka,  Shabana, Jepara rescue, Bagana, Separatis, serta masyarakat sekitar.

“Dengan berhasilnya evakuasi maka operasi pertolongan dinyatakan selesai, dan tim SAR yang terlibat kembali ke kesatuannya masing- masing,” pungkas Heru. (Devan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img